Segini yang Harus Anda Keluarkan untuk Pendidikan Homeschooling

Banyak yang mengatakan homeschooling itu sekolahnya artis. Biayanya mahal karena satu guru hanya menghandle beberapa murid. Boleh pilih sendiri masuk jam berapa dan boleh pilih sendiri soal mata pelajarannya.

Jadinya, mahal deh. Benarkah homeschooling itu mahal? Sebelum bicara soal biayanya, kita perlu menyamakan pengertian dan makna homeschooling sebenarnya.

Homeschooling adalah pendidikan berbasis keluarga, menggunakan rumah sebagai titik berangkat pendidikan dan orangtua menjadi penanggung jawab utama dari pendidikan anak-anaknya.

Orang tua bertindak mandiri dan berperan ganda bagi pendidikan anaknya. Orang tua menjadi kepala sekolah, guru, tutor, pembimbing sekaligus TU untuk anaknya.

Mungkin beberapa dari Anda berpikir, “ah, mana mungkin ada orang tua yang mau mengurus anaknya 100%! Yang ada hanyalah orang tua yang mau terima bersih.”

Antar anak ke sekolah dan kita tidak mau tahu yang penting setelah lulus anak menjadi pintar dan ijazahnya bisa dipakai untuk segera cari kerja.

NO! Homeschooling bukanlah model pendidikan seperti itu. Terdapat 3 hal yang menjadi fokus dalam proses pembelajaran homeschooling;

  1. Proses pembelajaran yang mampu menambah pengetahuan anak
  2. Proses pembelajaran yang mampu menambah skill anak
  3. Proses pembelajaran yang membuat anak enjoy dan bahagia menjalaninya

Jadi, jika orangtua memiliki cara pandang yang berbeda dan benar-benar peduli dengan masa pendidikan anaknya, mereka pasti akan mempertimbangkan homeschooling.

Lalu, apa yang dimaksud dengan bertanggung jawab penuh?

Penuh berarti semuanya!

Mulai dari menentukan tujuan homeschooling, memilih kurikulum, menentukan mata pelajaran, metode belajar, kegiatan keseharian hingga proses evaluasi pembelajaran dilakukan sendiri oleh orang tua.

“Are you seriuos? Emangnya orangtua bisa melakukan semua itu? Itu sangat merepotkan dan menyusahkan. Apalagi jika orangtua tidak memiliki background sebagai pendidik atau pengajar.”

Jika Anda memahami gambaran besar homeschooling, kegiatan itu akan menjadi sangat menyenangkan. Karena Anda akan memiliki waktu yang banyak dengan anak-anak Anda.

Bukan sekadar banyak, tapi juga berkualitas karena Anda akan melakukan kegiatan belajar dan keseharian bersama.

Berapa Biaya Homeschooling?

Saya sudah menjelaskan sedikit mengenai gambaran homeschooling. Berdasarkan apa yang Anda baca, mungkin Anda akan heran atau bahkan shock karena homeschooling ternyata bukan seperti yang Anda bayangkan selama ini.

HOMESCHOOLING BUKAN LEMBAGA! Jadi, jika Anda melemparkan pertanyaan;

  1. Berapa biaya homeschooling?
  2. Berapa harga homeschooling?
  3. Berapa biaya homeschooling SMA?
  4. Di manakah homeschooling Indonesia, homeschooling Surabaya, homeschooling Jakarta Timur, homeschooling Jakarta Selatan, homeschooling Jakarta Barat?
  5. Di mana saya bisa mendaftarkan anak saya homeschooling?

Itu adalah pernyataan yang kurang tepat. Dan, saya tidak bisa menyalahkan orang-orang atas pertanyaan itu.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul karena pemahaman mereka bahwa homeschooling sama dengan lembaga atau institusi.

Ada beberapa orang yang ingin menyalahgunakan istilah homeschooling untuk urusan bisnis, mencari keuntungan pribadi.

Homeschooling sendiri jika diterjemahkan ke Bahasa berarti SEKOLAH RUMAH. Tapi, bukan sekedar memindahkan sekolah ke rumah. Makna homeschooling sangat luas. Meliputi;

  • bagaimana kita menentukan tujuan pendidikan
  • kita ingin anak ini menjadi apa di masa depan
  • bagaimana mengubah keseharian yang sepele menjadi sesuatu yang bermakna belajar
  • bagaimana menautkan keseharian yang sederhana ke materi pelajaran yang sedang dipelajari anak-anak

Misalnya, kita ingin mengajarkan pada anak mengenai macam-macam pupuk di Indonesia. Sembari berkebun di lahan pribadi, kita juga mengajarkan pada mereka mengenai materi pupuk.

KLIK BANNER INI UNTUK BELAJAR HOMESCHOOLING

Pelatihan Homeschooling - Miss Ayu Safitri

Saat ini Anda mungkin sering mendengar istilah homeschooling A atau homeschooling B. Mereka memiliki ruang kelas, guru-guru, perpustakaan, menyelenggarakan ujian semesteran dan membagikan rapor.

Mereka berbentuk lembaga/institusi dan mengijinkan Anda untuk memilih sendiri waktu masuk ke sekolah. Anak Anda tidak perlu pakai segaram. Boleh pakai rok mini, kaos, celana pendek, selama masih berpakaian, anak Anda akan diterima.

Jika melihat dari karakteristiknya, lembaga ini bukanlah homeschooling. Lembaga semacam ini disebut dengan flexischool atau sekolah fleksibel. Fleksibel dari segi waktu dan materi pelajaran.

Jadi, Berapa Biaya Homeschooling?

Jika ada yang bertanya berapa biaya homeschooling? Jawabannya tentu saja berbeda-beda. Tergantung dari anggaran yang Anda buat untuk pendidikan anak-anak. Misalnya;

  • Keluarga A yang menjalankan homeschooling ingin anaknya fokus menghafal Al Quran. Maka, keluarga ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk fasilitas yang tak dibutuhkan.
  • Keluarga B yang menjalankan homeschooling ingin anaknya fokus mendalami bisnis keluarga, maka mereka hanya akan mengeluarkan biaya guna mengasah kemampuan bisnis anaknya.

Setelah baca artikel ini, semoga Anda tak lagi bertanya pada saya, mbah goolge atau praktisi homeschooling mengenai berapa biaya homeschooling. Jangan juga mencari-cari di mana lembaga homeschooling di daerah tempat Anda tinggal.

Karena homeschooling bukan lembaga/institusi. Homeschooling adalah keluarga. Homeschooling adalah Anda dan anak-anak Anda.