Bagaimana Cara Mengenali dan Mengerti Kepribadian Anak?

 

kepribadian anak

 

Kepribadian adalah sifat bawaan lahir yang dihadiahkan Tuhan pada manusia sejak mereka lahir. Kepribadian yang juga disebut personality dalam bahasa Inggris ini dibagi ke dalam 4 jenis, yakni koleris, sanguin, plegmatis dan melankolis.

 

Tiap orang lahir dengan kepribadian unik yang memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri.

 

Sanguin selalu berapi-api dalam memulai hal baru. Tapi, jika mereka bekerja dengan pola monoton, semangat itu jadi mudah luntur. Koleris suka bicara blak-blakan dan tidak peduli dengan perasaan orang lain. Di sisi lain, mereka bisa mengatur dan mengorganisasi tim dengan baik.

 

Lalu, apakah kepribadian dan karakter itu berbeda?

 

Ya. Kepribadian adalah sifat bawaan lahir yang kita dapat langsung dari Tuhan. Sedangkan, karakter adalah usaha kita dalam memperbaiki kepribadian yang kurang baik.

Misalnya, tipe melankolis suka nggak enakan sama orang lain. Mereka ingin mengatakan ‘TIDAK’, tapi karena takut menyakiti perasaan yang lain, melankolis sering mengorbankan dirinya sendiri.

Melankolis tahu jika terlalu baik pada orang lain itu bukan hal yang baik. Mereka bisa terluka, hanya dimanfaatkan atau dicari saat orang lain butuh saja.

Karena sikap nggak tegaan sama orang lain yang berlebihan adalah kelemahan melankolis, maka ia berusaha untuk memperbaikinya. Dengan cara lebih berani bersikap tegas dan menentukan mana yang berhak diprioritaskan. Kepentingan diri sendiri atau orang lain.

Kemampuan mengatasi kelemahan kepribadian itulah yang disebut dengan karakter. Jadi, jangan campur adukkan antara kepribadian dan karakter.

Mengenal Kepribadian Anak

Anda mengenal anak yang mudah beradaptasi dan berani menyapa tetangga. Tapi, anak Anda sendiri pendiam, penakut dan butuh waktu lama untuk nyaman dengan lingkungan baru.

Anda melihat suami yang sulit mengontrol emosi dan mudah marah. Anda sendiri adalah seseorang yang penyabar, terbuka.

Inilah yang sering kita anggap sebagai kepribadian yang menggambarkan sifat seseorang.

Satu rahasia yang perlu orangtua ketahui . .

mengenali kepribadian anak ternyata sangat mudah. Karena kepribadian itu memiliki pola. Jika anak mendapatkan suatu stimulus, ia akan bertindak sesuai dengan kepribadiannya.

Berikut adalah 4 jenis kepribadian anak beserta penjelasan detilnya.

1. Kepribadian Koleris

Keras, tegas, sangat menuntut, tidak mau diperintah. Itulah koleris.

Mereka memiliki semangat yang besar dalam mengatasi masalah. Anak-anak koleris sangat yakin terhadap kemampuan dirinya. Pantang menyerah dan tidak suka dengan kegagalan.

Siapapun yang mencoba menahan keinginannya meraih tujuan akan dianggap sebagai lawan, sekalipun itu orang terdekatnya.

Koleris tidak suka diperintah dan dikendalikan.

Itulah kenapa, dalam tiap kesempatan ia selalu ingin tampil sebagai pemimpin. Selalu ingin mengatur, mengkoordinasi dan membatasi gerak orang lain.

 

Jika mendapat kepercayaan untuk melakukan sebuah tugas besar, kepribadian koleris menjadi sangat tertantang.

 

Kekuatan lain dari koleris adalah mampu berpikir cepat untuk mengambil keputusan. Jika Anda memiliki anak koleris, Anda harus selalu memberikan pekerjaan atau menyediakan aktivitas padat. Hal ini dikarenakan koleris yang tak bisa diam.

Jika tak ada kerjaan, mereka merasa menjadi seseorang yang bodoh karena telah menyia-nyiakan waktu. Inilah yang membuat para koleris lebih produktif ketimbang kepribadian lain.

Lingkungan penuh tantangan akan menjadi tempat yang cocok untuk mereka karena mampu mengasah kemampuan koleris secara maksimal.

Aktif, dinamis dan membutuhkan perubahan. Mereka tak bisa diam dan anteng.

Koleris mudah sekali turun tangan untuk mengoreksi kesalahan sekalipun tidak ada yang meminta mereka. Ini karena koleris memiliki rasa tanggung jawab seorang pemimpin.

Sayangnya, ini bisa menjadi sesuatu yang dibenci kepribadian lain. Karena orang lain belum tentu suka dikoreksi kesalahannya.

 

Jumlah orang dengan kepribadian koleris ternyata tidak terlalu banyak, yakni 10% dari total populasi.

 

Koleris akan sangat termotivasi jika Anda merancang aktivitas yang penuh tantangan, diberikan tempat untuk memilih dan memegang kendali.

Ketika bekerja, koleris selalu membuat target dan bekerja berdasarkan target tersebut. Jika target tak tercapai, mereka cenderung menyalahkan diri sendiri. Dan, di kesempatan berikutnya ia akan bekerja lebih keras lagi.

Sayangnya, kepribadian ini cenderung tidak sabar.

Mereka suka mencari solusi praktis dan berorientasi pada hasil akhir. Jika bekerja dengan koleris, Anda perlu bergerak cepat. Koleris benci orang yang lelet.

Koleris adalah sosok pemimpin mandiri, bertanggung jawab dan memiliki karakter kuat.

Mereka selalu bertindak atas dasar ingin menang, sukses dan berhasil. Berhati-hatilah jika berdebat dengan koleris, karena mereka tak mau dikalahkan dalam hal apapun.

Banyak orang menganggap mereka individualis. Padahal, yang sebenarnya koleris mampu bergerak cepat dalam menyelesaikan masalah, hingga mereka tak membutuhkan bantuan yang lain.

Selain terlihat individualis, koleris juga sering dianggap egois karena kurang pintar menunjukkan perhatian hangat. Mereka sebenarnya menyayangi keluarga, saudara dan teman-temannya.

Tapi, dalam bentuk membelikan atau melakukan sesuatu bagi orang yang dicintai.

Orang koleris suka menunjukkan kalau dia berkuasa. Ini bukanlah kesombongan atau keserakahan. Orang koleris menganggap bahwa dengan memiliki kekuasaan berarti mereka bisa membantu banyak orang.

Jika ada sesuatu yang tak sesuai dengan keinginannya, mereka bisa marah dan mengungkapkan kata-kata kasar. Meski memiliki sifat cepat marah, mereka juga cepat memaafkan orang lain.

2. Kepribadian Sanguin

Jika Anda bertemu dengan sosok yang suka bicara, mudah bergaul dan ramah, kemungkinan besar dia adalah sanguin.

Sanguin tak pernah bingung untuk mencari topik pembicaraan. Mereka bisa bicara apa saja dan dengan siapa saja. Inilah yang membuatnya memiliki kemampuan mudah mempengaruhi orang lain.

Profesi yang cocok untuk  sanguin bisa jadi adalah motivator, trainer atau semacam pembicara.

 

Karena sikap mereka cenderung optimis. Dan, keoptimisan ini selalu ditularkan kepada orang lain di sekitarnya.

 

Kepribadian sanguin memiliki banyak teman dan mengenal orang-orang penting. Mereka mudah sekali membuat orang lain terkesan dengan kehadirannya.

Satu karakteristik yang paling kentara dari sanguin adalah tidak suka sendirian. Mereka suka berkelompok atau menikmati sesuatu yang bersifat sosial. Bertemu banyak orang, diskusi, sekedar ngobrol nggak penting menjadi kegiatan favorit para sanguin.

Meski mudah mempengaruhi, mereka juga mudah dipengaruhi. Jika mendengar satu ide yang bagus, mereka akan ikut. Jika ada tawaran ide lain, mereka bisa dengan mudah meninggalkan ide lama.

Sanguin hampir mirip dengan koleris . .

khususnya saat ingin tampil di depan. Menjadi pemimpin, menjadi pusat perhatian.

Mereka berhasrat membuat semua orang menyukainya, akhirnya sanguin rela melakukan apapun untuk menyenangkan yang lain.

Sanguin sangat membutuhkan pujian. Jika anak Anda sering bertanya, “Mah, aku tadi bersihin kamar sendiri. Menurut mama gimana hasilnya?”

FIX! Itu pasti anak sanguin.

Selain memiliki kemampuan sosial tinggi, sanguin juga memiliki ide kreatif dalam banyak hal serta jago merencanakan mimpi-mimpinya.

Sayangnya, mereka hanya jago merencanakan!

Jika diminta untuk mengeksekusi rencana tersebut, biasanya sanguin hanya semangat di awal. Pekerjaan berat, monoton akan membuat mereka cepat jenuh. Kemudian, pindah jalur untuk mencoba mewujudkan impian lainnya.

 

Kepribadian anak sanguin mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan memiliki selera humor tinggi.

 

Inilah yang membuat sanguin lebih populer diantara kepribadian lainnya.

Jangan pernah takut dicuekin oleh sanguin. Mereka menganggap hubungan dengan orang lain itu sangat penting. Jadi, mereka berusaha menunjukkan antusiasme dan sikap ekspresif tiap kali berdiskusi.

Jumlah orang sanguin berkisar 25-30% dari total populasi.

Kebutuhan dasar dari sanguin adalah pengakuan, penghargaan dan pujian. Mereka sangat takut kehilangan popularitas atau kehilangan kawan. Inilah yang menjadi celah kelemahan sanguin.

Sebab, demi popularitas mereka ‘bisa’ melakukan apapun. Bahkan, jika harus melanggar prinsip dan nilai yang dipegang.

Bagi seorang sanguin, tidak ada pekerjaan yang berat. Semua hal dikerjakan dengan cara menyenangkan.

Mereka kreatif, inovatif, optimis dan pandai mendorong orang lain untuk memiliki semangat yang sama seperti mereka.

Jika anak Anda sanguin, rencanakanlah kegiatan yang bervariasi. Karena sanguin benci rutinitas dan monoton. Hal ini bisa mematikan semangat mereka.

Ini disebabkan rentang fokus sanguin yang pendek. Jadi, mereka tak bisa bertahan lama dalam pekerjaan yang membosankan dan butuh waktu lama.

Saat sosok sanguin menjadi dewasa, mereka mudah tertarik pada semua peluang.

Jika ada peluang bagus menjadi staff IT, mereka ingin mencoba. Di lain waktu, jika menjadi banker bisa menjanjikan kesejahteraan, mereka bisa dengan mudah mengganti keinginannya.

Meski begitu, mereka menjalani hari hampir tanpa beban. Sekalipun ada banyak tugas deadline yang harus diselesaikan, mereka tetap asyik dan santai.

Sayangnya, keasyikan dalam menyelesaikan sesuatu ini perlu dikontrol. Jika tidak, mereka bisa kehilangan kedisiplinan diri.

Karena hobi bicara dan ngobrol, Anda juga perlu hati-hati saat curhat dengan mareka.

Ssstt . .

sanguin tak bisa menjaga rahasia!

3. Kepribadian Plegmatis

Jika Anda membutuhkan seorang kawan, plegmatis bisa menjadi kawan yang baik. Tipe ini selalu bersikap manis, tak pernah menuntut seperti koleris atau ingin mendominasi seperti sanguin.

Kecenderungan plegmatis adalah pemalu dan tak suka menonjol.

Sekalipun mereka suka keramaian dan sosialisasi. Mereka tak suka jika harus menjadi pusat perhatian.

Tipe ini bergaul menggunakan aturan, penuh sopan santun, tak suka berkonflik apalagi pertentangan.

Mereka adalah tipe orang yang mudah memberikan dukungan kepada orang lain. Jika ada perbedaan pendapat, mereka akan menghindar.

Sekalipun begitu, mereka cocok menjadi penengah karena sifatnya yang baik dan tidak mudah tersinggung.

Dalam hal sosialisasi, plegmatis sangat bertolak belakang dengan sanguin.

Sanguin hobi sekali bicara dan bersifat terbuka, tapi plegmatis cenderung tertutup seolah ingin menikmati sendiri rahasia-rahasianya.

 

Karena sifat tertutupnya inilah, plegmatis bisa menjadi teman yang paling tepat untuk diajak curhat. Mereka adalah pendengar yang baik sekaligus memiliki selera humor yang cukup asyik!

 

Plegmatis hanya bisa fokus mengerjakan satu hal dalam sekali waktu. Mereka kesulitan mengerjakan banyak hal secara bersamaan.

Jika sanguin tak bisa bekerja dalam rentang waktu yang lama apalagi sifat pekerjaannya monoton, plegmatis justru bisa melakukannya. Mengerjakan tugas monoton dan berulang takkan pernah jadi masalah bagi mereka.

Karena tipe plegmatis takut terhadap perubahan, apalagi perubahan yang spontan!

 

Apakah anak Anda begitu patuh dan sangat baik menerima perintah Anda? Kemungkinan besar ia adalah plegmatis.

 

Kepribadian anak plegmatis adalah hobi menyenangkan orang lain. Mereka sulit berkata ‘tidak’ bahkan ketika dia sendiri sedang kesusahan.

Inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh teman-temannya untuk banyak meminta pertolongan.

Plegmatis menyukai kesejajaran dan kestabilan.

Hal ini kadang membuat orang-orang di sekitarnya merasa bosan. Karena plegmatis suka tempat belanja yang sama, restoran yang sama, bioskop yang sama, menginap di hotel yang sama bahkan menu makanan sama.

Sesuatu yang baru belum tentu baik dan menyenangkan bagi seorang plegmatis.

Apakah Anda selalu menyimpan surat cinta, foto kenangan bersama teman-teman, aksesoris lama yang pernah Anda miliki, buku-buku lama dan tanda kenangan? Jika ya, itu berarti kepribadian plegmatis ada dalam diri Anda.

Plegmatis adalah kepribadian yang sentimental.

Jumlah kepribadian ini dalam masyarakat berkisar 30-35% dari total populasi.

Sekalipun tidak banyak menuntut, plegmatis tetap membutuhkan penghargaan dan penerimaan penuh dari lingkungan. Jika kedua hal ini bisa didapatkan, mereka akan menjadi orang paling bahagia.

Kepada orang lain pun plegmatis mampu memberikan penghargaan, simpati kesabaran dan sikap rendah hati.

Jadi, orang-orang yang berteman dengannya sangat betah karena simpati dan empati yang diberikan.

 

Karena tak pernah menuntut dan mampu menerima orang lain apa adanya, hidup plegmatis dipenuhi dengan ketenangan.

 

Mereka pandai memandang masalah dari berbagai sisi, khususnya jika diminta untuk melihat hikmah dari tiap kejadian.

Sekalipun lebih suka diperintah dan dituntun, bukan berarti plegmatis tak bisa menjadi pemimpin.

Justru, jika kesempatan memimpin datang pada plegmatis, mereka bisa jadi pemimpin yang disukai bawahannya. Ini karena simpati, empati, kesabaran dan ketenangan yang dimilikinya.

Jika anak Anda plegmatis, mereka mungkin agak plin plan saat diberikan pilihan. Contohnya saat ditanya, “mau makan dimana?”

Plegmatis akan menjawab, “dimana saja boleh” atau “disana mungkin enak” atau “terserah” atau “ikut saja”

Kepribadian lain mungkin akan sebal mendengar jawaban seperti ini. Tapi, Anda harus bersikap sabar pada plegmatis. Tanyalah dengan perhatian, maka mereka akan menghargai Anda secara penuh.

Orang plegmatis benci dengan sesuatu yang tak pasti. Inilah yang akhirnya membuat para plegmatis tak berani mengambil resiko. Karena takut malu dan kecewa.

Jika sanguin atau koleris bekerja dengan plegmatis, mereka mungkin akan marah.

Ini karena gerakan sanguin dan koleris yang dinamis. Sedangkan, plegmatis suka menunggu perintah dan berjalan lambat seolah kurang motivasi.

Bukan karena malas, tapi karena mereka lebih suka tidak mengerjakan apapun daripada mulai mengerjakan tapi salah dan tidak menghasilkan sesuatu.

4. Kepribadian Melankolis

Serius dan tertutup. Inilah ciri khas dari melankolis. Mereka sangat kritis dan cerdas dalam mengambil keputusan.

Jaman ‘now’ yang penuh dengan berita hoax, mungkin hanya melankolis yang tak mudah terpengaruh. Sebab, mereka suka meneliti informasi secara mendalam dan selalu berhati-hati dalam melaksanakan sesuatu.

Tidak seperti sanguin yang suka membuat rencana, tapi malas mewujudkannya, melakolis punya motto, “Ini rencanaku dan aku akan mengerjakannya”

Mereka tak sekedar berwacana!

Kepribadian anak ini benar-benar bertolak belakang dengan sanguin. Kalau sanguin gila pujian, melankolis justru menganggap Anda punya maksud tertentu dibalik pujian tersebut.

Melankolis adalah orang-orang yang penuh curiga.

Angka dan data adalah bidang favorit melankolis. Mereka sangat teliti dengan hitung-hitungan dan punya sifat perhitungan.

Ini adalah kemampuan yang tak bisa ditandingi oleh kepribadian lain.

Satu kekuatan luar biasa yang juga tak dimiliki kepribadian lain adalah kemampuan melihat apa yang sebenarnya terjadi. Karena mereka tak bisa menerima informasi begitu saja, maka mereka akan mengerahkan kekuatannya untuk menganalisa lebih dulu.

 

Mereka mampu melihat hal-hal yang tak bisa dilihat oleh kepribadian lain. Dan, ini berkat ketelitian serta ketajaman analisisnya.

 

Jika ada orang-orang di sekitar melankolis yang sembrono atau tak patuh, melankolis bisa sangat marah. Karena melankolis adalah pribadi yang patuh pada aturan dan mengikuti instruksi.

Mereka seringkali bingung kenapa orang-orang tak bisa ikut aturan?

Mirip seperti phlegmatis, melankolis tak suka menuntut orang lain dan malas jadi pusat perhatian. Sekalipun melankolis suka keramaian dan dikelilingi banyak orang.

Melankolis merupakan orang-orang yang tekun dan sabar mengerjakan apapun secara bertahap.

Mereka bertanya banyak hal kepada orang-orang karena suka mengoleksi data secara lengkap.

 

Melankolis sangat profesional dan bertanggung jawab pada pekerjaan. Dalam mengerjakan sesuatu, mereka akan melakukan yang terbaik.

 

Inilah yang membuat hasil kerja melankolis menjadi yang terbaik.

Mereka suka menunjukkan dirinya melalui hasil kerja. Karena melankolis termasuk orang yang bangga dengan hasil pekerjaannya sendiri. Apalagi jika itu dikerjakan menggunakan metodenya sendiri.

 

Melankolis sangat termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya

 

Mereka juga selalu konsisten dengan keputusan yang sudah diambil.

Inilah yang membuat melankolis mirip seperti plegmatis. Jika sudah nyaman melakukan sesuatu, mereka takkan mengubah metode apapun.

Jika sudah nyaman untuk makan di sebuah restoran, mereka takkan berganti restoran lagi.

Kegiatan yang bervariasi membuat sanguin dan koleris berjingkrak kegirangan. Tapi, bagi melankolis itu adalah hal yang mengerikan dan menyakitkan.

Jumlah orang melankolis adalah 20-25% dari total populasi masyarakat.

Hal yang paling dibutuhkan oleh melankolis adalah jawaban bermutu, penuh dengan data yang akurat.

Jika jawaban yang Anda berikan tidak mengandung komponen tersebut, mereka akan menolaknya.

Misalnya, Anda bertanya pada melankolis, “Kapan kita akan berangkat?”

Mereka benci jawaban klise, “besok” atau “lihat nanti”

Yang mereka butuhkan adalah jawaban lengkap, “kita akan berangkat besok jam 3 sore. Aku akan menunggumu di tempat biasa. Dan, aku akan datang 30 menit sebelum waktu janji kita.”

 

Jawaban detil pun kadang tidak membuat melankolis merasa puas. Mereka akan selalu mengkritisi jawaban yang Anda berikan.

 

Jika Anda adalah orangtua yang selalu menetapkan standar tinggi untuk anak dan berharap anak melakukannya secara sempurna, berarti jiwa melankolis ada dalam diri Anda.

Anda selalu ingin menampakkan kerapian dan kestabilan.

Melankolis bertindak sesuai dengan jadwal dan target. Target yang dibuat pun memiliki standar tinggi dan ini membuat mereka dipandang sebagai perfeksionis.

Kepribadian anak yang satu ini sangat sensitif dan instingnya selalu tepat. Mereka tak pernah malas untuk mengecek pekerjaan berkali-kali karena kesalahan adalah hal fatal bagi mereka.

Sayangnya, jika Anda menegur kesalahan yang dibuat, mereka bisa marah besar pada Anda.

Mereka selalu ingin tampil rapi, baik itu penampilan maupun pekerjaan.

 

Jika sudah menetapkan nilai dan prinsip, mereka menjadi sangat idealis. Selalu memegang nilai itu sekalipun menghadapi banyak tantangan.

 

Comfort zone seorang melankolis membuat mereka nyaman dan mampu bekerja dengan baik. Jika diminta untuk keluar dari zona nyamannya, mereka bisa ketakutan dan tak bisa berbuat banyak.

Satu ciri dari melankolis yang mengganggu kepribadian lain adalah EGOIS.

Ya, melankolis sangat terpusat pada diri mereka sendiri. Mereka selalu merasa benar dalam berpikir dan membuat keputusan.

Inilah yang menghambat melankolis untuk memiliki hubungan pertemanan dalam nan kuat.

Kepribadian lain merasa kesulitan menghandle melankolis, sebab ia selalu kritis dan negatif.  Orang-orang akan menganggap melankolis suka mencari-cari kesalahan yang lain.

Jika Anda melihat ada orang yang suka berteori dan memaksa orang lain untuk menganggap teorinya sebagai kebenaran, itulah kepribadian melankolis.

Mereka kaku dan sulit menerima teori orang lain. Karena kekakuan ini, mereka sering dihindari oleh orang-orang.

Dihindari oleh teman-temannya pun tak jadi masalah bagi melankolis. Sebab, mereka tak begitu suka dengan sosialisasi.

Kecenderungan yang berbahaya dari seorang melankolis adalah pendendam. Mereka tak bisa terima begitu saja apa yang sudah dilakukan orang lain padanya.

Mereka akan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan pembalasan, sebab mereka sulit memaafkan orang yang pernah menyakitinya.


Itulah macam-macam kepribadian anak.

Setelah mengetahui 4 macam kepribadian ini, Anda pasti penasaran, “Bagaimana caranya saya bisa mengetahui jika anak saya adalah koleris, phlegmatis, sanguin atau melankolis?”

Silahkan, lanjutkan membaca artikel CARA MENGETAHUI KEPRIBADIAN ANAK.