25 Pertanyaan Anak Tentang Seks dan Cara Menjawabnya

menjawab pertanyaan anak seputar seks

Menjawab pertanyaan anak seputar seks sering membuat kita kebingungan.

Apalagi pertanyaan anak-anak ini begitu kreatif.

Sehingga, kita merasa kesulitan untuk memberikan jawaban tepat sesuai dengan usia dan pemahamannya serta mampu memuaskan dahaganya tentang seks.

Orangtua sering memilih jalan tikus untuk menjawab pertanyaan anak seputar seks.

“Hust! Belajar dari mana kamu omongan kayak gitu?”

Atau, “Nggak boleh omong gitu lagi ya? Nanti kalau sudah dewasa kamu akan ngerti sendiri.”

Jawaban diplomatis lain, Sssttt masih kecil. Belum saatnya.

Menghindar bukanlah solusi.

Sebagai orangtua bijak, Anda wajib memahami anak dengan pertanyaan-pertanyaan lucunya serta menyambutnya dengan bimbingan positif sesuai usia dan pemahamannya.

Berikut kami lampirkan 25 pertanyaan anak dan cara menjawabnya sebagai panduan menjawab pertanyaan anak seputar seks.

1. Kenapa ibu tidak punya penis seperti aku?

Tuhan menciptakan manusia dalam 2 jenis. Ada laki-laki dan perempuan.

Untuk membedakannya, Tuhan memberikan penis bagi laki-laki dan vagina bagi perempuan.

2. Susu ayah kok kecil, tidak seperti punya ibu?

Karena salah satu tugas ibu adalah memberi air susu sewaktu kamu masih bayi.

Supaya kamu tumbuh besar dan sehat. Tapi, itu hanya tugas ibu.

Jadi, payudara ayah tidak besar seperti punya ibu.

3. Ibu itu kok perutnya besar kenapa?

Itu namanya hamil, kak. Di dalam perutnya ada adik bayi.

Nanti kalau sudah lahir dan besar akan jadi seperti kamu.

4. Ayah, aku ini asalnya darimana?

Saat laki-laki dan perempuan sudah dewasa, saling menyayangi, kemudian menikah, mereka akan berdoa kepada Tuhan untuk diberikan seorang anak.

Lalu, Tuhan menempatkanmu di dalam perut ibu supaya aman dan nyaman.

Karena di dalam perut ibu ada tempat yang bernama rahim. Sedangkan, di perut ayah tidak ada.

5. Tiap pagi kok ‘burung’ku berdiri kenapa?

Ya, sama seperti kamu yang bangun tiap pagi. Jadi, ‘burung’mu ikutan bangun.

Nanti kalau kamu mau pipis, dia juga akan berdiri. Supaya, kamu lebih mudah pipisnya.

6. Ibu, ini apa sih? (Sambil memegang kemaluan ibu)

Ini namanya vagina, sayang. Fungsinya sebagai tempat untuk pipis.

7. Adik bayi itu keluar lewat mana sih?

Adik bayi keluar dari rahim ibu.

Jadi, di dalam perut ibu ada tempat yang aman dan nyaman untuk adik bayi yang bernama rahim.

Adik bayi keluar dari sana dengan bantuan dokter.

8. Kenapa perempuan bisa hamil?

Perempuan bisa hamil karena tubuhnya sudah siap.

Setelah bertemu dengan laki-laki dewasa, mereka akan menikah dan saling menunjukkan rasa sayang dengan cara yang spesial, seperti mencium dan memeluk.

Saat itu, mereka juga berdoa kepada Tuhan untuk diberikan seorang anak.

Dengan cara itu perempuan bisa hamil.

9. Menstruasi itu apa sih?

Menstruasi adalah tanda dimana tubuh perempuan sudah siap untuk hamil. (Jelaskan proses menstruasi menggunakan media buku, gambar atau video. Anda juga bisa menunjukkan pembalut yang digunakan oleh wanita saat menstruasi)

10. Ayah, ini artinya apa? (Menunjukkan jempol yang diapit jari telunjuk dan jari tengah)

Itu artinya simbol.

Simbol yang jorok dan membuat orang marah tiap kali melihatnya.

Sama dengan simbol ini (menempelkan jari telunjuk ke dahi). 

Artinya, mengatai seseorang gila.

Baca juga, Mengatasi Anak yang Ketahuan Nonton Film Porno

Orang yang melihat akan merasa jijik dan marah.

Jadi, jangan diulangi lagi ya.

Karena adik bisa dimarahi orang kalau pakai simbol itu.

11. Diperkosa itu diapain ya?

Diperkosa itu disakiti.

Seseorang memaksa memeluk, mencium dan memegang tubuh orang lain yang terbiasa ditutup dengan pakaian.

Ayo mama kasih tahu bagian tubuh mana saja yang harus ditutup dan tidak boleh dipegang oleh orang lain. (Ajarkan pada anak tentang bagian-bagian tubuh)

12. Sodomi itu apa?

Sodomi itu sama seperti diperkosa, yakni disakiti.

Dipaksa dipeluk, dicium dan dipegang-pegang bagian tubuh yang selama ini selalu dijaga.

Tapi, kalau sodomi itu korban dan pelakunya sama-sama pria.

13. Ciuman bibir itu apa?

Ciuman bibir itu ungkapan rasa sayang.

Jadi, ada beberapa cara untuk menunjukkan rasa sayang.

Misalnya, mengelus rambut, memeluk tubuh, mencium pipi atau mencium bibir.

Tapi, cuma ayah dan ibu yang boleh cium bibir adik.

Karena ada banyak sekali kuman di dalam mulut kita, jadi bukan sembarang orang bisa kita cium.

14. Aku tadi dengar ayah panggil ibu dengan sebutan seksi. Maksudnya apa?

Seksi itu panggilan untuk orang yang cantik dan menyenangkan.

Tapi, kita hanya boleh menyebut seksi kalau dia adalah orang yang kita kenal dengan baik.

Jadi, seksi bukan sebutan untuk sembarang orang.

15. Ibu, ini namanya ‘burung’ ya? Bisa terbang nggak? Kok nggak ada sayapnya?

Ini burung spesial milik manusia.

Jadi, tidak ada sayapnya dan tidak bisa terbang.

Nama lain dari burung ini adalah penis dan fungsinya sebagai tempat untuk pipis.

16. Aku boleh lihat vagina mama nggak?

Sayang, vagina adalah bagian tubuh yang paling berharga dari seseorang.

Setelah kamu dewasa, tidak semua orang boleh melihatnya.

Karena saat ini kamu masih kecil dan masih membutuhkan bantuan ayah atau ibu untuk mandi, jadi kami boleh melihat vaginamu.

Tapi, setelah kamu dewasa, tidak lagi.

17. Ayah, itu namanya apa? (Menunjuk kemaluan ayah)

Ini namanya penis, sayang. Fungsinya sebagai tempat untuk pipis.

18. Mama, kakak kok nggak punya tempat pipis kayak punyaku ya?

Kamu terlahir sebagai perempuan, nak.

Sedangkan, kakakmu itu laki-laki.

Laki-laki dan perempuan diciptakan berbeda oleh Tuhan.

Salah satu perbedaannya ada pada tempat pipisnya.

19. Caranya bikin anak itu gimana sih?

Penis laki-laki dimasukkan ke dalam vagina perempuan.

Tapi, itu hanya boleh dilakukan saat laki-laki dan perempuan sudah sama-sama dewasa, saling menyayangi dan telah menikah.

20. Kenapa ada rambut di ketiak ayah?

Seiring berjalannya waktu, tubuh kita mengalami perubahan.

Coba lihat tinggi badan adik, sekarang bertambah, kan? Dulu adik kan tidak setinggi ini.

21. Kakak pipisnya boleh berdiri, kenapa aku harus jongkok?

Karena kakak adalah laki-laki dan kamu adalah perempuan.

Laki-laki dan perempuan memiliki ‘tempat’ pipis yang berbeda.

‘Tempat’ pipis laki-laki namanya penis, sedangkan milik perempuan namanya vagina.

Jadi, cara pipisnya pun beda.

22. Ciuman itu enak nggak?

Karena ayah dan ibu saling menyayangi, jadi berciuman itu menyenangkan.

Tapi, kita hanya boleh melakukannya dengan orang yang kita sayangi di waktu yang tepat.

Dan, waktu yang tepat itu setelah kamu dewasa dan menikah.

23. Bunda, apa aku boleh pacaran?

Boleh. Tapi, tidak sekarang. Semua ada masanya, sayang.

24. Aku tadi dengar di tv ada yang bilang masturbasi. Artinya apa ya?

Masturbasi adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk mendapatkan kenikmatan secara seksual.

Misalnya, kalau kamu coba pegang-pegang penismu.

Rasanya geli, kan?

Tapi, itu tidak boleh dilakukan karena bisa menyebabkan penis kamu merah, luka dan lecet.

Nanti, kamu kalau pipis jadi sakit.

25. Ibu, bercinta itu apa?

Bercinta itu cara untuk mengungkapkan rasa sayang.

Tapi, hanya boleh dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yang sudah dewasa dan menikah.


Menjawab pertanyaan anak seputar seks akan lebih mudah dan menyenangkan apabila Anda menggunakan media gambar atau video yang sesuai dengan usia mereka.

Terkait dengan pendidikan seks, kami punya pembahasan unik tentang kebiasaan anak memegang kemaluan.

Jika hal ini dilakukan di tempat umum, pasti terlihat memalukan.

Anda perlu mengetahui fakta dibalik kebiasaan memegang kemaluan dan cara mengatasinya.